chipset

Chipset


Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).
Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.
Chipset terbagi 2 :

1.North Bridge
Chip North Bridge disebut juga MCH (Memory Controller Hub) terhubung langsung kepada CPU dan memiliki fungsi:
Memory controller (*)
AGP bus controller (jika tersedia)
PCI Express x16 controller (jika tersedia)
Interface untuk transfer data dengan south bridge

2.South Bridge
south bridge juga disebut ICH (I/O Controller Hub) terhubung dengan north bridge dan bertugas untuk mengontrol peralatan I/O dan peralatan on-board, seperti:
Port drive hard disk (Port ATA Parallel dan Serial)
Port USB
Audio on-board (*)
LAN on-board (**)
PCI bus
Jalur PCI Express (jika tersedia)
Real Time Clock (RTC)
Memory CMOS
Peralatan legacy seperti interrupt controller dan DMA controller.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "chipset"

Posting Komentar

Powered By Blogger